Tajdid Corner

GERD Ethiopia Mengancam Ketahanan Pangan Mesir

Daniela Moiseyev menulis, dalam “Nezavisimaya Gazeta”, tentang bahaya GERD Ethiopia terhadap ketahanan pangan di Mesir.

Artikel itu menyatakan: Ethiopia meluncurkan stasiun pembangkit listrik tenaga air di GERD, meskipun ada keberatan dari Mesir dan kegagalan untuk mencapai kompromi dengan Kairo dan Khartoum. Memang bendungan bisa menjadi simbol pertumbuhan ekonomi Ethiopia, namun di lain pihak bisa berubah menjadi bencana bagi Mesir dan menyebabkan krisis pangan yang serius.

Dalam percakapan dengan “Nezavisimaya Gazeta”, Wakil Direktur Institut Studi Afrika dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, Leonid Fituni, mengindikasikan bahwa sejauh ini dia tidak melihat ancaman bagi kehidupan orang Mesir. Tapi, menurut dia, ini soal waktu. Dia mengesampingkan bahwa Kairo ingin menentukan tingkat air yang dibutuhkan Mesir di negara yang tidak memiliki kontak dengannya, tetapi sangat jauh sehingga sangat sulit untuk melakukan operasi militer terhadapnya.

Fitoni menambahkan, ada pemain lain yang tertarik dengan isu pembangkit listrik tenaga air. Khususnya China di mana 5 perusahaannya terlibat langsung dalam pembangunan mega proyek tersebut. Pada saat yang sama, bagi Israel dan Mesir, ada faktor lain yang membuat resolusi konflik menjadi sangat penting. Kedua negara adalah importir utama gandum Ukraina. Mengingat eksaserbasi yang diketahui, masalah ketahanan pangan menjadi lebih penting. Sementara itu, ada indikasi bahwa situasi di Kairo masih terkendali.

Namun, menurut pemilik saluran Zangaro Today, di Telegram, Alexei Tsilonov, “Ketenangan relatif Kairo tidak sepenuhnya dipahami. Ya, Mesir sedang membangun bendungannya sendiri, tetapi kerusakan dari GERD akan terlihat jika terjadi bencana kekeringan dan pengekangan air di waduk bendungan. Bahwa situasinya akan memiliki konsekuensi yang mengerikan dengan korban, seperti halnya terjadi pada pemberontakan roti pada tahun 1977. ”

Kairo mungkin terus menunggu munculnya konsekuensi nyata dari pengoperasian pembangkit listrik tenaga air, dan bahkan kemudian hal itu membuat tuntutan sulit pada Addis Ababa.

Klik Selengkapnya

Most Popular